Tak ada KeberhasilaTanpa Perjuangan

Tak Ada Peradapan Tanpa Tulisan.,
Tak Ada Orang Pintar Tanpa Belajar..

Rabu, 15 Desember 2010

proses islamisasi di kampung

Nama : Uud Khoirun Nisa
Nim : B01208021
Tugas mata kuliah : Metode Dakwah
PROSES ISLAMISASI DIKAMPUNG SAYA
Di desa saya mayoritas penduduknya beragama islam. Jumlah penduduk didesa saya kurang lebih 2500 orang. Didesa saya juga selain pemeluk islam juga ada yang beragama kristen, hindu bahkan tempat peribadahan mereka sangatlah berdekatan, akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan sebuah permasalahan atau pertikaian antara umat beragama, mereka saling menghormati satu sama lain.
Pada masa lalu islam sudah sangat lama datang didesa saya sehingga mereka banyak yang sudah memeluk islam walaupun dalam KTP. Sedangkan pemahaman agama dari mereka sangatlah minim, masih banyak di antara mereka yang masih terpengaruh dengan kepercayaan dari nenek moyang mereka seperti masih percaya dengan adanya sesaji, pernikahan yg berdasarkan hitungan weton, dan masih percaya dengan hari-hari baik. Dan hal tersebut sangatlah jauh dari ajaran islam dan islam tidak mengajaran hal demikian, karena pemahaman agama islam mereka hanya sedikit, itulah sebab mereka masih percaya dengan hal tersebut.
Dan sejak datangnya para peduduk baru yang berpindah kedesa saya yang kebetulan beberapa orang tersebut mempunyai pengetahuan agama yang luas karena mereka adalah lulusan dari pondok pesantren. Dengan misi untuk mengamalkan ilmu agama yang mereka dapat dari pondok maka mereka hijrah ke desa saya untuk mendakwahkan islam, sampai mereka pun menikah disana dan membangun keluarga agar bisa meneruskan misi dakwah islam mereka.
Hari demi hari dan tahun berganti tahun pertumbuhan pemahaman pengetahuan islam masyarakat pun sudah berkembang , dengan mereka mengikuti pengajian-pengajian tiap minggu misalnya tahlilan atau yasinan, istighosah. Dan didalam acara terebut selalu ada ceramah yang memberi tambahan pemahaman ilmu keagaman bagi masyarakat.
Adapun metode dakwah yang mereka gunakan untuk memberi pemhaman islam kepada masyarakat yakni:
1. Dakwah Bil Lisan yakni metode dakwah lewat lisan misalnya khotbah jumat atau ceramah-ceramah agama di acara-acara pengajian, yasinan, atau pernikahan.
2. Dakwah Bil qolam yakni metode dakwah melalui tulisan misalnya pada waktu sore hari dimasjid anak-anak kecil dan remaja mengaji alquran atau iqro’ bagi anak kecil.
3. Dakwah Bil nikah yakni metode dakwah melalui pernikahan seperti orang yang hijrah tadi menikahi penduduk desa agar mereka mempunyai keturunan dan bisa meneruskna dakwah islam di masyarakat.
4. Dakwah bil hal yakni metode dakwah melalui perbuataan misalnya didesa saya sering kali setiap ada orang yang bangun rumah ,merka saling bergotong royong, tanpa meminta bayaran.
5. Dakwah bil maal yakni metode dakwah yang dilakukan dengan harta, misalnya infaq buat pembangunan masjid.
6. Dakwah bil hikmah yakni metode dakwah yang dilakukan dengan melalui pendidikan seperti didesa saya tingkat pendidikan yang hanya ada SD samapai SMP dan disitulah banyak juga terdapat pesan- pesan dakwah melalui mata pe;ajaran agama yang mereka dapat disekolah.
7. Dakwah bil rikhlah yakni metode dakwah yang dilakukan melalui perjalanan, mislanya didesa saya sudah ada beberapa orang yang menjalankan ibadah umrah atau haji.
8. Dakwah bil qolbi yakni metode dakwah yang dilakukan melalui doa misalnya didesa saya setiap harikamis melakukan tahlilan atau yasinan dan disitulah selalu ada doa bersama.
Begitu juga dengan saya ketika saya memahami islam dengan melalui beberapa metode yakni diantaranya adalah saya sering mendengarkan ceramah baik itu diradio atau di pengajian-pengajian (bil lisan), Saya juga ketika memahami ajaran-ajaran islam lewat membaca buku-buku keagamaan (dakwah bil qolam), orang tua saya juga tak begitu awam-awam banget dengan pengatahuan agama sehingga melalui pernikahn mereka yang hingga bisa melahrkan saya kedunia hingga saya tumbuh dewasa dan saya juga bisa memahami islam ( dakwah bil nikah). Dari SD sampai kuliah saya juga mempelajari agama islam lewat mata pelajaran yang diajarkan oleh guru saya (dakwah bil hikamah). Setiap hari saya juga berdoa dengan memanjatkan doa untuk umat agar umat sadar dan kembali keada islam (dakwah bil qolbi). Satu bulan sekali saya sisihkan uang saku saya untuk infaq (dakwah bil mal), dan tak lupa setiap ada orang yang membutuhkan bantuan saya segera bergegas untuk membantu mereka (dakwah bil hal), tentunya semua yang aaku lakukan adalah karena Allah. Itulah tadi proses masuknya pemahaman islam yang ada pada diri saya serta metode dakwah yang dilakukan hingga pesan islam sampai , yang pertama kali tentu saya mengenal islam lewat keterunan orang tua saya, dengan bertambah umur saya mencari pemahaman islam dengan melewati metode dakwah diatas tadi.

1 komentar: